PENAWARAN PROGRAM TRAINING WASTE WATER TREATMENT PLANT

Feb 21, 2020 K3

Deskripsi Training Waste Water Treatment Plant

Setiap kegiatan baik berskala domestik maupun Industri akan menghasilkan limbah cair, padat ataupun udara.  Limbah tersebut tentu saja harus diolah sedemikian rupa agar tidak mengganggu kestabilan ekosistem di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, maka diperlukan upaya pengolahan limbah yang merupakan usaha untuk mengurangi atau menstabilkan zat-zat pencemar sehingga saat dibuang tidak membahayakan lingkungan dan kesehatan. Tujuan utama pengolahan air limbah adalah untuk mengurangi kandungan bahan pencemar terutama senyawa organik, padatan tersuspensi, mikroba pathogen, dan senyawa organik yang tidakdapat diuraikan oleh mikroorganisme alami.

        Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Wastewater Treatment Plant (WWTP) adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkanair tersebut untuk dapat digunakan kembali pada aktivitas yang lain. Tujuan utama pengolahan air limbah ialah untuk mengurai kandungan bahanpencemar di dalam air terutama senyawa organik,padatan tersuspensi, mikroba patogen, dan senyawa organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang terdapat di alam lingkungannya.

       Ketatnya peraturan dan kesadaran akan lingkungan mengharuskan pihak industri mencari upaya yang selalu lebih efektif dan efisien untuk mengolah air limbah. Hal tersebut juga sejalan dengan paradigma pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang memiliki tiga pilar sekaligus, yaitu sosial, ekonomi, dan lingkungan.Berbagai kendala masih menghadang pihak industri dalam upaya melakukan pengolahan air limbahnya agar sesuai dengan ketentuan baku mutu. Kendala-kendala tersebut antara lain (persepsi tingginya) biaya yang harus ditanggung, baik biaya pembangunan IPAL maupun biaya operasional, ketersediaan lahan yang sempit, faktor sumber daya manusia (SDM) yang tidak mencukupi, dsb.

Tujuan & Course Outline Training Waste Water Treatment Plant

1.      Memberikan gambaran mengenai peranan instalasi pengolahan air limbah dalam rangka menghasilkan meminimalkan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan

2.      Memberikan pemahaman terkait kualitas air yang memenuhi persyaratan, termasuk aspek desain dan dasar-dasar perancangannya.

3.      Membantu meningkatkan pemahaman mengenai teknik penyediaan air minum, sehingga dapat memberikan motivasipada pengelola penyediaan air minum dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

 

Course Outline Training Waste Water Treatment Plant

·         Peraturan Pemerintah / Undang-Undang yang Berlaku

·         Prinsip Pengolahan Waste Secara Aerobik / Anaerobik

·         Manajemen limbah cair & usaha minimisasinya, & karakteristik limbah industri

·         Parameter yang Perlu Diperhatikan Selama Proses Pengolahan Limbah Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

·         Analisa yang Perlu Dilakukan pada Tahapan Proses Pengolahan Limbah

  • Karakter , Kualitas, dan Standar air limbah

·         Lab Management Terutama untuk Analisa WWTP (Cod Dan Bod)

  • Sistem Pengolahan Limbah Cair secara fisika, kimia dan biologi
  • Desain Fasilitas Pengolahan Limbah
  • Penghilangan Residu Suspended Solids, Nitrogen, dan phosphate
  • Pengelolaan Limbah Pengolahan Air Limbah
  • Aspek manajemen dalam Komunitas Pengelolaan Air Limbah

·         Perencanaan dan Pengendalian IPAL

·         Penanganan primer (primery treatmen) : dasar desain & optimasi operasi ujnit perlakuan pendahuluan berupa ekualisasi, netralisasi/penanganan pH, koagulasi/flokulasi & sedimentasi

·         Penanganan sekunder (Biological Waste Water Treatmen)

·         Penanganan tersier (Advanted Waste Water Treatnen)

·         Penanganan sludge (Sludge Treatmen)

·         Optimasi unit sedimentasi & unit filtrasi

·         Phytoremidasi & rawa buatan (contructed wet land)

·         Jenis & penanganan trouble pada IPAL

·         Monev & optimasi IPAL

Who Should Attend Training Waste Water Treatment Plant

Pelatihan ditujukan untuk departemen K3 dan lingkungan di perusahaan, pengelola dan atau pelaksana / process engineer pada pengolahan air limbah atau operator IPAL dari industri atau rumah sakit.

Course Methods Training Waste Water Treatment Plant

·         Presentation

·         Discuss

·         Case Study

·         Post Test

·         Evaluation

Coordinator Training Waste Water Treatment Plant

Ir. Sigit Hernowo, M. Kes

Instruktur adalah pakar di bidang safety and environment, sering menjadi nara sumber untuk training environment, khususnya pengolahan air limbah di beberapa instansi/perusahaan.

 

 

TIME & VENUE Training Waste Water Treatment Plant

Tanggal : 17 – 19 Februari 2020

Waktu   : 08.00 – 16.00 WIB

Lokasi   : Gedung Jogja Training Carier Center,

Jl. Patangpuluhan No. 26, Yogyakarta

 

In House Training:

Depend on request

 

 

 

bexcellentjogja

Saya, Satrio dari Bexcellent Consultant marketing yang menawarkan jasa pelatihan dan sertifikasi online/publik. Kami dari Bexcellent Consultant menyediakan pelatihan2 online dan publik mengenai HRM, sistem sumber daya manusia, marketing & sales, pelatihan teknik, finansial, akuntansi, K3, Sertifikasi Kemnaker & BNSP dll. kami juga menerima In House Training. Informasi Penting Hubungi: WA/Telepon : 081325177427 email : satrio@bexcellentjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.