PELATIHAN PENGENDALIAN MUTU AUDIT

Aug 9, 2023 audit, Finance

Mutu Audit – Pelatihan Pengendalian Mutu Audit untuk bank merupakan program pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam kepada para auditor dalam menjalankan tugas pengendalian mutu audit di lingkungan perbankan. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memastikan bahwa proses audit di bank dilakukan dengan standar tertinggi, efektif, dan efisien, serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan praktik terbaik dalam industri perbankan.

Materi

1. Pengenalan Pengendalian Mutu Audit di Bank: Memberikan pemahaman tentang pentingnya pengendalian mutu audit dalam menjaga integritas dan kualitas proses audit di bank.

2. Peraturan Perundang-undangan Terkait Audit Bank: Memahamkan peserta pelatihan mengenai kerangka regulasi dan perundang-undangan yang mengatur proses audit di bank, termasuk pedoman dari otoritas pengawas perbankan.

3. Prinsip-prinsip Audit di Bank: Menjelaskan prinsip-prinsip dasar audit yang relevan dengan lingkungan perbankan, seperti independensi, integritas, objektivitas, dan profesionalisme.

4. Metodologi Audit di Bank: Mengajarkan peserta tentang metode dan teknik audit yang tepat untuk digunakan dalam lingkungan perbankan, termasuk pengumpulan bukti, analisis risiko, dan pengujian internal kontrol.

5. Pengenalan terhadap Produk dan Layanan Perbankan: Memahamkan auditor tentang berbagai produk dan layanan perbankan yang akan diaudit, sehingga mereka dapat mengidentifikasi risiko potensial dan area fokus audit.

6. Audit Internal dan Eksternal di Bank: Menggambarkan perbedaan antara audit internal dan eksternal, serta bagaimana keduanya dapat saling mendukung dalam mencapai pengendalian mutu audit yang efektif.

7. Teknik Pelaporan dan Komunikasi Hasil Audit: Mengajarkan peserta cara menyusun laporan audit yang jelas, komprehensif, dan memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi manajemen bank.

8.Etika dan Etiket Audit di Bank: Menekankan pentingnya etika dalam pelaksanaan audit di bank, termasuk konsep kerahasiaan, integritas, dan tanggung jawab profesional.

9. Studi Kasus dan Simulasi Audit: Melibatkan peserta dalam studi kasus nyata atau simulasi audit untuk memberikan pengalaman praktis dalam menghadapi situasi-situasi yang mungkin timbul selama proses audit di bank.

10.Pembaruan Industri dan Perkembangan Terbaru: Memberikan wawasan tentang perkembangan terkini dalam industri perbankan yang dapat mempengaruhi proses audit, seperti teknologi baru, perubahan regulasi, dan tren risiko

Tujuan

Pelatihan ini akan memberikan auditor bank dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan audit dengan tingkat mutu yang tinggi, membantu bank dalam mengelola risiko, meningkatkan efisiensi operasional, serta mematuhi regulasi yang berlaku.

Peserta

Auditor Internal Bank: Para auditor internal yang bertanggung jawab untuk menjalankan proses audit internal di berbagai bagian dan unit dalam bank.

Auditor Eksternal: Auditor eksternal dari firma akuntansi atau lembaga audit independen yang bekerja untuk melakukan audit eksternal bank.

Manajemen Risiko: Individu atau tim yang bertanggung jawab untuk mengelola risiko di bank, termasuk mengidentifikasi, mengukur, dan mengendalikan risiko-risiko yang terkait dengan kegiatan perbankan.

Staf Kepatuhan (Compliance): Orang-orang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa bank mematuhi peraturan perundang-undangan dan pedoman yang berlaku.

Manajemen Operasional: Pihak-pihak yang bertanggung jawab atas operasional harian bank dan memiliki pemahaman mendalam tentang proses bisnis bank.

Manajemen Cabang: Jika ada, manajer cabang juga dapat terlibat karena mereka memiliki wawasan langsung tentang operasi di tingkat cabang.

Manajemen Senior: Anggota manajemen senior bank yang memiliki tanggung jawab akhir terhadap pengendalian mutu audit dan memahami dampaknya terhadap kinerja bank secara keseluruhan.

Tim Pengembangan Profesionalisme: Jika ada, tim atau individu yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pelatihan profesional dalam bank.

Ahli Internal Kontrol: Individu yang memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem internal kontrol di bank.

Departemen IT: Pihak yang terlibat dalam sistem teknologi informasi dan keamanan data di bank, karena audit IT juga merupakan bagian penting dari pengendalian mutu audit.

Pengawas Internal: Individu atau tim yang bertanggung jawab untuk memantau dan mengevaluasi efektivitas pengendalian internal di bank.

Tim Audit Khusus: Peserta yang terlibat dalam audit khusus atau investigasi atas permintaan manajemen atau pihak berwenang.

Manajemen Pelatihan: Orang-orang yang bertanggung jawab atas pengembangan dan penyelenggaraan program pelatihan di bank.

Pihak Eksternal (Opsional): Beberapa pelatihan mungkin melibatkan narasumber eksternal, seperti konsultan audit atau ahli industri, untuk memberikan wawasan tambahan.

Peserta pelatihan dapat berasal dari berbagai tingkatan organisasi, mulai dari level staf hingga manajemen puncak, dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam pengendalian mutu audit dan memahami peran mereka dalam proses audit di bank.

Waktu & Tempat PELATIHAN PENGENDALIAN MUTU AUDIT

Tanggal   :    2 hari di Agustus 2023

Pukul       :    08.00 – selesai

Tempat   :    Gedung JTCC, Jalan Patangpuluhan No 26 A Wirobrajan Yogyakarta

Fasilitas PELATIHAN PENGENDALIAN MUTU AUDIT

Biaya sudah termasuk fasilitas sebagai berikut

  • Materi training
  • Sertifikat Pelatihan dari PT. Bexcellent Mitra Cemerlang
  • Souvernir
  • 2 × coffe break & 1 Lunch

Biaya belum termasuk fasilitas sebagai berikut:

  • Pajak-pajak yang berlaku

Instruktur PELATIHAN PENGENDALIAN MUTU AUDIT

ARNO HARYO UTOMO, SE.,MM

Informasi

Office

 

Jl. Parangtritis, Km 6.5, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Phone: (0274) 287 1 048

Fax: (0274) 414137

Web: www.bexcellentjogja.com

Rizki Satrio (Customer Relation officer)

 

PT. BEXCELLENT MITRA CEMERLANG
( B-EXCELLENT CONSULTANT )

Excellent Service for Excellent People

Phone          : 0813-2517-7427

Fax              : 0274 – 414 137

Email          : satrio@bexcellentjogja.com

Mobile / WA  : 0813-2517-7427

https://bexcellentjogja.com/sertifikasi-kemnaker-ak3-listrik/

Satrio Rizky

Saya, Satrio, Marketing Online dari Bexcellent Consultant. B-Excellent Consultant adalah sebuah Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang didirikan oleh tenaga muda professional dengan bidang usaha pada jasa training (public training, in-house training, dan outdoor training) serta pengembangan sistem manajemen Sumber Daya Manusia, serta sertifikasi kemnaker & BNSP. Berdiri di Yogyakarta sejak tanggal 5 Oktober 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *