Workshop Manajemen Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi

SIM

Deskripsi

Setiap organisasi menyadari bahwa data sangat penting dalam menunjang aktifitas bisnis. Terlebih pada saat data diolah dan disajikan, akan  sangat berperan dalam pengambilan keputusan bagi manajemen. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit ditemukan organisasi yang masih kesulitan dalam mengelola data sehingga berimbas pada lambatnya penyajian informasi yang dibutuhkan. Dengan kata lain, perlu keahlian khusus dalam mengumpulkan, menyimpan dan mengelola dan mengolahnya dengan benar untuk menghasilkan informasi. Bukan ketika data atau informasi dibutuhkan, barulah bergerak untuk mengumpulkan data, mencari kesana-kemari, dan tentu saja hasilnya tidak maksimal. Akibatnya, sebuah keputusan yang hendak diambil menjadi tertunda, atau tidak didukung oleh data yang memadai dan akurat.

Aplikasi system informasi yang terintegrasi dengan menggunakan sofware pada komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM) tentunya merupakan suatu terobaosan besar,  karena menyadari bahwa para manajer memerlukan informasi untuk pemecahan masalah. Ketika suatu organisasi bisnis atau instansi menjangkau konsep SIM, mereka mulai mengembangkan berbagai aplikasi yang secara khusus diarahkan untuk mendukung manajemen.

Pelatihan ini berorientasi pada kemampuan pihak terkait untuk melakukan pendataan, pengolahan data dan pembuatan sistem manajemen data yang fleksibel sesuai kebutuhan institusi atau perusahaan. Manajemen Database merupakan bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa sumber daya data perusahaan akurat, mutakhir, aman  dari gangguan yang tersedia bagi pemakai. Apabila semua hal tersebut di atas sudah diimplementasikan dengan baik dan benar, maka akan sangat membantu memaksimalkan proses pelayanan, baik kepada internal customer ataupun kepada external customer, sehingga diharapkan dapat membangun image yang baik dan meningkatkan daya saing bagi organisasi tersebut.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Performaplus Training & Consultant, mengajukan kerjasama dengan cara menggelar program In House Training dengan judul SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, PENGOLAHAN DATA DAN PELAPORAN INFORMASI

Tujuan 

  • Peserta memiliki pengetahuan klasifikasi data secara komprehensif dan terstruktur.
  • Peserta memiliki kemampuan mengidentifikasi sebuah gejala dan unsur-unsur yang terkait dengannya
  • Peserta memahami teknik mengintegrasikan pusat layanan data dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengakses data /informasi
  • Peserta mampu melakukan identifikasi, klasifikasi, dan sistematika data
  • Peserta mampu melakukan aktifitas pengelolaan data yang mencakup pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan penyajian data untuk kepentingan pengambilan keputusan

Materi

  1. Peran Database dalam Sistem Informasi Management
  2. Prinsip dan Tujuan Pengelolaan Sumber Daya Informasi sebagai Data
  3. Konsep dan Arsitektur Teknologi Informasi pada Sistem Informasi Management
  4. Sistem Informasi Strategic
  5. Pengolahan informasi :
    1. Perangkat lunak
    2. Perangkat keras
  6. Komponen Utama Sistem Informasi Management
  7. User interface
  8. Administrator Database
  9. Perancangan, pengembangan, pengimplementasian, dan pengevaluasian sistem informasi.
  10. Integrasi Sistem Informasi
  11. Pengorganisasian Sumber Daya Informasi

Metode

Pelatihan ini didesain dengan metode Pemaparan Materi, interactive session, Simulasi dan Praktek di lab Komputer.

Peserta 

Pelatihan ini ditujukan bagi para staf IT / Database Administrator atau personel yang berkepentingan terhadap pengelolaan database dan filing system di perusahaan.

Koordinator 

  • Drs. Budi Sutedja D. Utomo, S.Kom, MM
  • Drs. Singgih Santoso, MM

Waktu dan Tempat 

Pelatihan ini diselenggarakan secara inhouse selama 3 (tiga) hari pelatihan, pukul 08.00 – 16.00 WIB, (atau jam belajar pelatihan menyesuaikan dengan jadwal perusahaan/instansi),  bertempat di perusahaan / tempat yang telah ditentukan oleh perusahaan/instansi. Untuk waktu pelaksanaan pelatihan (hari dan tanggal) bersifat tentatif, dapat menyesuaikan dengan agenda perusahaan yang bersangkutan.

Informasi dan Pendaftaran