DESKRIPSI

Salah satu bentuk komunikasi dalam sebuah organisasi adalah laporan tertulis. Tiap bagian/departemen perlu melaporkan segala aktivitasnya pada manajemen agar dapat tercipta kecepatan arus informasi untuk memudahkan pengambilan keputusan. Laporan digunakan sebagai dasar perencanaan, pengaturan tugas, menggerakkan sumber daya, pengendalian, pengawasan dan pengambilan keputusan. Laporan yang disusun secara cepat dan tepat, merupakan informasi yang dapat dipakai untuk menyusun kegiatan lanjutan dan pengambilan keputusan bagi manajemen. Kendati laporan adalah alat komunikasi yang penting, tidak banyak orang yang menyukainya dan mampu membuatnya.
Menulis laporan merupakan salah satu komunikasi yang membutuhkan keahlian tersendiri. Selain itu dalam dunia pekerjaan masalah penulisan laporan menjadi tuntutan standar bagi setiap staf karyawan. Laporan yang baik juga akan mencerminkan kinerja yang bersangkutan dan tentunya juga akan berpengaruh pada pengembangan karirnya di masa datang. Laporan yang baik harus jelas, obyektif, dan tepat sesuai dengan tujuannya. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai teknik penulisan laporan ini menjadi penting untuk dipelajari oleh setiap karyawan.
Dalam pelatihan ini akan dibahas prinsip-prinsip menulis laporan dan cara penerapannya. Metode pada pelatihan ini antara lain: kuliah, latihan, tugas kelompok dan diskusi. Teknik penggunaan waktu secara ekonomis, akan dibahas agar dihasilkan laporan yang ringkas, jelas, informatif dan efektif.

MATERI
• Pengantar penyusunan laporan efektif
• Tinjauan berbagai jenis laporan
• Analisis, pengumpulan dan seleksi data serta informasi
• Menyusun sebuah laporan efektif
• Gaya bahasa dan penulisan
• Peran bahasa dalam laporan
• Menyusun dan menyajikan laporan
• Pemeriksaan dan koreksi laporan
• Pengembangan diri sebagai penyusun laporan

PESERTA
Manajer dan staf fungsional yang bertanggung jawab menyusun laporan. Serta staf profesional perusahaan yang ingin memiliki basic ketrampilan yang kuat untuk pengembangan karirnya di masa datang.
INSTRUKTUR
Drs. Z. Bambang Dharmadi, MM.

METODE
Presentation, Discussion, Case Study, Evaluation Pre test & Pos Test

WAKTU & TEMPAT

3 Days

13 – 15 Jan 2015
14 – 16 Apr 2015
01 – 03 Jul 2015
20 – 22 Oct 2015

JGJ/BDG/JKT/BALI

FASILITAS
1. Training Module (Hard and Soft copy (USB Flash Disk))
2. Certificate
3. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
4. Souvenir (Jacket or waistcoat or T-Shirt)
5. Bag or backpackers
6. Training Photo
7. Training room with full AC facilities and multimedia
8. Once lunch and twice coffeebreak every day of training
9. Qualified instructor
10. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)

FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING
 

cforms contact form by delicious:days